Kenapa infocus tidak nyambung ke laptop? Cek 5 Poin ini

Laptop tidak bisa konek ke proyektor padahal sudah sesuai dengan prosedur pemasangan, apa yang jadi masalahnya? Mungkin saja beberapa hal berikut ini.

Tempat Sewa Proyektor di Medan

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika laptop anda tidak bisa terhubung dengan laptop anda. Walaupun sebenarnya untuk produk-produk terbaru saat ini, sudah otomatis lansung terhubung dengan proyektornya.

Tombol Keyboard

Pengalaman di lapangan memang, kadang terjadi pada laptopnya, karena standard awal laptop harus selalu diatur dulu dari keyboardnya. Perhatikan ini akan berbeda untuk setiap laptop, tergantung merek dan tipe yang anda gunakan.

Standarnya adalah tekan tombol Fn + F5. Tidak semua ini sama, anda bisa memperhatikan pada keyboard ada gambar screen / proyektor biasanya ada di tomobol keyboard tersebut.

Bisa saja posisinya Fn + F8, jadi memang tergantung merek dan tipe laptop yang digunakan. Pastikan semua sudah tersambung dengan benar, mengenai cable dari laptop ke proyektor anda.

Settingan Properties Laptop

Kalau sudah benar sambungan laptop dengan proyektor dan cable juga sudah benar, kemungkinan kalau tidak setting otomatis, bisa juga pada setting layar anda, hanya single layar. Jadi kalau proyektor itu dipasang harusnya memang duplikat layar, jadi tampil di layar laptop dan juga di layar proyektor.

Laptop tidak konek dengan proyektor

Untuk settingan layar laptop ke proyektor anda cukup ikut langkah berikut ini :

  1. Tekan tombol windows + P
  2. Lalu akan muncul seperti gambar di atas
  3. Anda pilih duplicate, maka akan tampil di layar

Atau anda bisa memilih mau menampilkan layar yang mana untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan anda.

Kondisi Cable

Ada beberapa tipe kable yan digunakan seperti :

  1. Cable VGA
  2. Cable HDMI
  3. Cable SVIDEO

Paling banyak dan standard adalah VGA Cable. Biasanya warnanya kepalanya biru dan ada jarum-jarum di dalamnya. Bisa juga tidak terbubung dari laptop ke proyektor karena jarumnya ada yang patah. Karena itu anda bisa perhatikan di bagian jack atau kepala dari cable tersebut.

Sedangkan untuk cable HDMI sebenarnya kecederungan otomatis ya, karena setelah VGA kabel ini paling banyak digunakan akhir-akhir ini, karena kualitas gambar lebih baik dan juga penggunaannya lebih mudah.

Memang pengalaman kami, terutama menggunakan cable HDMI panjang, sering kerusakan terjadi pada bagian tengah kabel, entah itu putus atau bagaimana. Selain itu, banyaknya tipe kable HDMI yang saat ini beredar dipasaran, sulit membedakan mana yang bagus dan yang tidak, karena harga saja tidak bisa menjamin kualitas.

Sedangkan SVIDEO ini jarang kali digunakan, walaupun bentuknya mirip seperti cable RCA, tapi ini memang jarang dipakai, karena biasanya untuk jarak yang sangat panjang.

Tombol Source Proyektor

Terakhir, anda bisa perhatikan, sudah menentukan settingan layar di laptop, juga menekan tombol fn+f5, cable bagus, ternyata tidak terhubung juga, maka yang perlu anda perhatikan terakhir adalah, pastikan anda menekan tombol source pada proyektor anda, agar mencari sumber data yang masuk ke proyektor.

Nanti akan ada dicari secara otomatis. Kami tidak tau kalau proyektor yang jenis lain, tetapi pada proyektor yang kami sewakan semua mudah dan gampang dilakukan, cukup colokkan ke laptop dan otomatis tersambung.

Proyektor Kondisi On

Penutup, pastikan proyektor anda dalam kondisi on dan penutup kaca lampu terbuka, hal ini sudah pernah terjadi, pelanggan komplain dan proyektor tidak bisa digunakan, bukan karena tidak bisa terhubung, tetapi karena penutup lampu depannya tidak dibuka, sehingga cahayanya tidak keluar.

Untuk saja, lampu proyektornya tidak panas, karena tertutup,

Semoga informasi ini dapat membantu anda, apabila memang laptopnya bermasalah, kami menyediakan sewa notebook di Pekanbaru, agar kegiatan anda tidak terganggu dan pertanyaan kenapa infocus tidak nyambung ke laptop terjawab ya bapak/ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.