GAMPANG, 3 Cara ini Setting Gambar Proyektor Terbalik

SEMPAT BINGUNG, Cara Pengaturan Agar Gambar / Menu Proyektor Terbalik mau di pasang di Plafon, untunglah saya mendapatkan tutorial ini.

Setting Proyektor Terbalik

Saya pernah panik, ketika salah satu rumah sakit besar di Pekanbaru mengalami kerusakan pada proyektornya, acara akan segera dimulai, sehingga mereka mencoba agar di sewa saja dan di pasang di plafon.

Sudah lebih dari 3 tahun bergerak di bidang sewa proyektor Pekanbaru, tapi belum pernah namanya pasang di atas plafon dengan metode terbalik. Tapi karena buru-buru sayapun belum sempat mencari tutorial cara setting proyektor terbalik di plafon.

Udah manjat di plafon baru saya pasang dan baru saya telepon temen saya, bagaimana caranya untuk memasang di plafon. Saya mencari yang saya tidan tau, menu setting proyektor terbalik. Ternyata mudah, tetapi kerna saya panik duluan, maka saya keringat dingin dulu. Mudah-mudahan ini pengalaman tidak anda alami.

Kemarin waktu pemasangan sewa proyektor di Gereja GBI Pekanbaru, seperti gambar di atas sudah tidak ada kendala, gampang.

Tapi 3 tips ini berlaku untuk setting proyektor epson secara terbalik ya, berikut :

Terbalik di Plafon Layar Tembak Depan

Jadi ada beberap settingan proyektor terbalik, pertama adalah kalau untuk pemasangan di plafon maka yang penting anda tau adalah cari menu ceiling (plafon). Untuk pryektor yang saya pasang ini adalah merek epson, saya tidak tau merek lain sama atau tidak.

  1. Pastikan sudah aman terpasang di bracket plafon
  2. Sambungkan ke komputer anda melalui cable VGA / HDMI / SVIDEO
  3. Ketika anda memasang bisa langsung anda setting atau bisa juga melalui remot control
  4. Pilih “Menu” pada proyektor atau Remote Anda
  5. Terus Geser ke bawah lalu cari menu “Exteded” setelah itu tekan tombol enter pada layar
  6. Setelah itu lanjutkan ada tampilan Depan / Ceiling.
  7. Setlah itu OK selesai.

Terbalik dari Belakang Layar

Kalau tadi sudah di jelaskan bagaimana pemsangan proyektor di plafon dengan tampilan terbalik, kali ini, pemasangan normal di bawah, tapi tampilan terbalik dari belakang layar. Berikut persiapan yang harus anda lakukan :

Pastikan layar anda Tembak Belakang.

Anda harus tau bahwa tidak semua layar tembak belakang. Jadi ada yang hanya bisa digunakan temka depan ada yang bisa tembak Belakang. Karena itu anda harus pastikan bahwa layar anda adalah tembak belakang.

Proyektor bisa tampilkan terbalik (Belakang)

Proyektor yang anda miliki juga harus bisa tembak belakang (menampilkan gambar dari belakang layar), jangan sampai proyektornya tidak bisa tembak belakang. Pada contoh ini proyektor yang kami gunakan adalah Epson EB 965 dan Epson 1960.

Langkahnya hampir sama dengan di atas :

  1. Tekan tombol daya pada remote control dan tunggu lampu daya berhenti berkedip dan menyala hijau stabil.
  2. Tekan tombol Menu pada remote control untuk menampilkan menu proyektor. Kecuali jika proyektor dekat dengan anda langsung tekan saja pada proyektor.
  3. Tekan tombol panah ke bawah pada remote hingga opsi “Extended” disorot pada layar menu. Kemudian tekan tombol Enter pada remote.
  4. Tekan tombol panah bawah pada remote sampai kursor biru di sebelah “Proyeksi” pada menu Extended dan tekan Enter. Kemudian tekan tombol panah kanan atau kiri hingga opsi berbunyi “Belakang” / Rear” dan tekan Enter lagi.

Gampang bukan? Banyak yang bertanya bagaimana dengan setting proyektor terbalik pada benq, acer, nec dan panasonic? Kebetulan belum pernah coba, makanya kami langsung sebutkan merek yang kami coba adalah epson.

Perlengkapan pemasangan proyektor

Menjadi perhatian ketika anda ingin menyewa infocus di Pekanbaru dan tujuannya adalah pasang di plafon agar di komunikasikan dulu sehingga kami bisa persiapkan beberapa peralatan pendukung. Ada yang harus anda persiapkan, dan ada pula yang harus kami persiapkan.

  • Tangga untuk menjangkau plafon (penyewa)
  • Pastikan sudah ada terpasang bracket (penyewa)
  • Cable untuk proyektor (penyewa / penyedia jasa) artinya jika sudah ada cale anda sebelumnya tidak ada masalalah, tetapi ketika tidak ada agar di ajukan permintaan agar kami dapat mempersiapkan.
  • Obeng dan Baut (Penyedia jasa)

Pengalaman Pasang di Plafon terbalik

Kami sudah memasang proyektor secara terbalik di plafon di :

  • Rumah Sakit
  • Gereja
  • Sekolah

Mudah-mudahan bermanfaat dan pemasangan proyektor anda terbalik bisa dapat dilakukan dengan baik. Berdasarkan pengalaman selama ini sudah tidak ada masalah. Intinya komunikasikan sebelum anda melakukan penyewaan agar bisa sesuai dengan kebutuhan. Sebelumnya juga sudah kami bahas ini lebih detail di cara setting projector terbalik di dinding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.